(Finally) Finding Joy in Cooking!


Seumur-umur, gue tuh paling nggak berminat masak. Bukannya nggak pernah masak, ya, tapi jaraaang banget. Bener-bener keitung jari. Paling-paling masak Indomie, air, atau nasi goreng kalo rada niat. Hidup di Jakarta yang makin ke sini makin gampang pesen makan dari handphone bikin gue tambah mager (padahal lama-lama boros banget rasanya #cryingindeliveryfee), lalu kalau lagi ada mbak ART di rumah, bisa minta dimasakin. Intinya, dulu gue ngerasa masak itu murni PR tambahan yang harus dikerjain di luar kerja, nyuci, ngurus kucing, dan beresin rumah.

Sampai Januari 2024 lalu. Karena gue lagi stay cukup lama di Perth, Australia, dari akhir tahun kemarin, gue udah bertekad, kali ini gue harus bisa lebih hemat dengan masak (karena kalo nggak, bakal boncos abis wkwkwk).

Beberapa masakan dan bikinan gue selama Januari. Baris 1 dari kiri ke kanan: Udang oseng mentega, mini pizza, udang sereal. Baris 2: Ayam goreng sereh, Boston Cream Donut, Grilled Honey Cheese Sandwich. Baris 3: Sayur siram udang jamur, omlette udang, perkedel kornet.

Nggak tau gue lagi kesambet apa, karena sebelum-sebelumnya juga jarang banget masaknya, masih banyakan take away atau makan apa yang dimasakin, tapi kali ini gue jadi semangat banget masak… dan bisa konsisten masak terus sebulan setengah ini! Woohoo! Gue ngerasa, setelah lewat 21 hari berturut-turut (yang kata orang adalah jumlah hari yang dibutuhin manusia untuk membentuk kebiasaan), gue beneran suka dan menikmati kegiatan masak ini. Yang tadinya serasa kewajiban, sekarang jadi hobi, ditambah baking dikit-dikit pula. LOL. Setelah gue menganalisa diri gue sendiri, kayaknya yang paling bikin gue ngerasa seneng masak tuh mungkin bukan hasil masakan akhirnya, tapi…

  • Sense of survival & achievement – Gue seneng aja sama perasaan “berhasil” berhemat jauuuh lebih banyak dibanding jajan. Rasanya kayak berhasil lewatin halang rintang pas lagi marathon gitu, hahaha… Selain seneng karena bisa “survive,” gue juga seneng pas masakan gue jadi dan rasanya beres. Kayak, “Oh, ternyata bikin ginian nggak sesusah itu, bahkan sama sekali nggak susah…” Where have I been all my life?!

  • A mini therapy! Ternyata nyiapin bahan, motong-motong ini itu sambil drakoran di hape kok nyenengin dan nenangin banget yah, wkwkwk. Walaupun emang iya, lamaan nyiapin sama masaknya daripada ngabisin makanannya, tapi waktu persiapan ini (kalo lagi nggak buru-buru) ternyata therapeutic.

Yah, jadi begitulah teman-teman character development gue sebulanan ini. Semoga pas di Jakarta walaupun ada mbak ART yang bisa diminta tolong ini itu, hobi baru gue ini nggak tiba-tiba berhenti, tapi justru makin “jadi” karena ada satu tenaga lagi yang bantuin. I still enjoy eating out of course, tapi sekarang gue jadi ngerti kenapa dulu nyokap atau tante gue dan temen-temen gue kalo diajak makan ke restoran pada sering ngomong:

“Ngapain beli/makan mahal-mahal begini?”

“Begini doang harganya segini?!”

“Kalo gini doang mah bikin sendiri bisa, lebih murah lagi!”

Karena ya… emang bener sih komen mereka, hahaha.

Maka dari itu, gue bertekad untuk tetap ngelanjutin hobi ini + jadi lebih bijak kalo mau jajan + tapi tanpa harus jadi party pooper kalau diajak makan enak atau sesekali pengen makan di luar, hahaha…

Semoga tekad gue untuk konsisten masak ini berbanding lurus sama konsistensi ngeblog lagi. AMIN!

Kalau kalian baru mau mulai, banyak banget akun di Youtube/Youtube Shorts/IG/Tiktok yang bisa diikutin, dan resepnya kebanyakan praktis dan gampang. Ini akun-akun yang seriiing banget gue ikutin resepnya.

Semakin sering gue masak, semakin gue jadi bisa mikir/ngatur, gimana bikin beberapa jenis masakan dengan bumbu dan bahan yang mirip-mirip, jadi bisa sekalian gitu. My next learning: Meal prep!

Baiklah kalau begitu gengs, sampai postingan berikutnyaaa! Semoga masak cuma jadi permulaan dan “pecutan”, dan gue bisa nyoba atau belajar hal-hal lain dengan konsisten di tahun ini (kayak beneran mulai belajar Bahasa Korea, walaupun buku-buku self learning yang gue beli udah hampir teronggok 2 tahun lebih, wkwk).

Cheers to 2024, hope good things are coming our way guys!

Note:

Check IG highlights gue yang ini untuk liat link resep-resep yang gue coba sebulanan terakhir. Selamat masak-masak, guys!

2 comments

  1. Mungkin kakak sibuk beraktifitas,sehingga tak sempat memasak.
    Tetap jaga pola makan 3x sehari kakak,agar lambung sehat.
    🙏🏻👍🏻🎉

  2. congratsss neng tepskiiii, akhirnya senang memasak…. Aku kadang2 aja masaknya klo mendadak kehabisan lauk pas sebelom ART ku datang dan memasak untuk kami, wkwkwk.

    ~ndutyke

Leave a comment