TRAVEL: Sendirian di Roma – Part 1


DSCN6080

Karena beberapa hari terakhir gue sempet ngubek-ngubek foto-foto lama, akhirnya gue jadi inget, masih ada banyak cerita yang belum gue tulis di sini yang usia ceritanya lama-lama jadi menahun -______- Maafin hamba, ya, gaes.  Sebenarnya dari awal gue Euro Trip tahun 2013, gue paling pengen menghighlight perjalanan gue ke Roma ini. Soalnya cuma di kota ini aja yang gue bener-bener sendirian lebih dari sehari (total tiga hari). Kalau ke Cologne ama Brugge kan cuma day trip dan kotanya jauh lebih kecil. But Rome, even though touristy, is another beast, methinks.

Sebenarnya kalau udah bisa survive sendirian di Jakarta harusnya baik-baik aja sih di Roma. Ada sisi-sisi kotanya yang mengingatkan gue sama Jakarta, nggak sekinclong Amsterdam. Mau bilang kumuh ya nggak juga, sih, cuma warna/tone kotanya tuh agak gelap/suram gitu, dan banyak gedung tua kan, plus kontur dan tata kotanya juga beda, so it was an entirely a different feeling. Beda rasanya kayak pas di Barcelona, misalnya. Mungkin terdengar sotoy, tapi yaaa, itu yang gue observasi selama tiga hari di sana.

Anyhoo, Roma waktu itu adalah kota ke-5 yang gue kunjungi dari 7 negara yang gue datengin. Kalo negaranya udah bontot-bontot gini, bisa diprediksi, persediaan duit pegangan juga makin menipis karena gue udah menuju penghujung perjalanan. So no fancy eating at all (ya dari awal dateng ke Yurep juga kagak pernah fancy, sik, namanya juga backpacking-an :lol:), di sini bener-bener fokus ke jalan aja dan makan seadanya. I don’t care if I didn’t try their best pizza or whatnot, yang penting jangan sampe pas mau pulang gue malah jadi gembel di Eropa karena kehabisan duit. 😆 BUUUT, IF you do have spare budget and are aiming to try out what their culinary has to offer, go for it. Don’t travel that far for nothing. I’m happy I at least went to Vatican and tried their gelato. Kalo Pizzanya cukup beli di supermarket sejenis Carrefour di seberang hostel gue, nyahaha.

Siang itu gue tiba di Bandara Internasional Fiumicino (nama lainnya Bandara Leonardo da Vinci), Roma, terbang jam 10 pagi dari Barcelona. Deket banget emang, terbangnya cuma 1 jam 45 menit kira-kira. Fiumicino ini bandar internasional terbesar di sana, lalu yang kedua adalah Bandara CiampinoJangan khawatir, di Fiumicino udah pasti ada kereta yang bisa bawa ke tengah kota, kok. Bis dan taksi tentu saja juga ada. Tapi gue sendiri sih emang udah janjian bakal dijemput supir hostel gue. Sumpah, deh. Itu hostel udah lah murah banget, waktu itu (Mei 2013) cuma 8 Euro per malam (hostelnya model tenda, tapi ada kasurnya, bukan tidur di rumput, ye. 😆 Terus ada jasa jemputannya pulaaa!

Suasana airport waktu sampe

Van yang dipake untuk jemput tamu hostel dan ini bapak yang jemput gue. Orang Argentina yang udah lamaaa banget tinggal di Roma, bahasa Italianya tentunya udah lancar, dan dia kasih gue banyak rekomendasi restoran, tempat, dan gelato yang mesti didatengin. Bapak-bapak baik yang tinggi gede kayak Hagrid.

Sementara itu, ini hostel gue, PLUS Camping Roma. Jadi di sini lo bisa pilih model tempat nginep elo yang emang di area kemping yang luas gini. Bisa di mobil van, bisa di lodge, atau bisa juga di tenda kayak gue gitu, harga tentunya menyesuaikan. Ini tenda bukan tenda yang lo harus tidur nempel ama rumput, ya. Cuma bahan kamarnya aja yang tenda. Kekurangannya, di kamar gue nggak ada colokan. Kalau mau charge hape bisa di dalem locker mungil (setiap orang dapet satu kunci loker) di deket resepsionis (yang mana jauh amat dari kamar), dan kalau mau charge yang lain-lain, terpaksa ke common resto atau ruang internetan mereka. Tapi soal wi-fi jangan kuatir, kesebar di seluruh area perkemahan ini, kok. Biarpun nginepnya edisi murah-meriah-mau ngecharge aja susah gini, wi-finya masih mumpuni.

Kamar mandinya juga di luar, tapi biliknya banyak. Peernya cuma kalau lo beser aja kayak gue dan kalo malem pengen pipis kudu keluar gelap-gelap. Tapi pengalaman gue sih di sana aman dan dijaga banget.

 

 

Lalu gue ke mana di hari pertama yang udah tersisa setengah hari itu? Karena cuma punya tiga hari, gue memutuskan untuk dateng ke spot-spot yang sekiranya penting-penting aja. Terus terang gue nggak banyak persiapan maupun daftar tempat untuk Roma ini. Dan buat gue, kuncinya cuma satu, harus menikmati perjalanan, jangan jadi grasa grusu harus liat macem-macem tempat hanya karena cuma punya waktu 3 hari, tapi buat waktu sependek itu tetep jadi memorable. Kan kalo ada tempat yang belum sempet didatengin, kita bisa dateng lagi. Gampang, kan? *nebeng di roda jet pribadi Syahrini*

Gitu aja mentalitynya mulai dari sekarang, deh. Doa aja biar bisa balik lagi dengan duit lebih banyak, biar kaga nyetok roti pizza supermarket sama air mineral doangan mulu buat makan pagi-siang-sore di sana. 😆

So off I went to two places that day: Spanish Steps (Italian: Scalinata di Trinità dei Monti) and Trevi Fountain. Salah dua dari aneka tujuan turis mainstream di Roma. Sebelum berangkat gue coba googling dulu ancer-ancer stasiun dan bis yang mengarah ke sana, baru gue jalan. Soalnya gue nggak pake paket data, kan. Jadi beneran mengandalkan catatan aja harus naik apa dan turun di mana-nya. Perlu kalian tau, hostel gue itu letaknya kalo di Jakarta tuh mungkin kayak Cawang kali. Jadi mayan jauh walaupun nggak jauh-jauh amat dari tengah kota. Dari seberang hostel gue tinggal naik bis yang nomornya direkomendasiin orang hostel, lalu turun di stasiun Metro (biar Metronya buteg, yang penting transportasinya jalan), abis itu jalan kaki, deh. Kebetulan yang Spanish Steps ini lumayan gampang dituju, karena deketan sama pintu keluar MRT.

Metro: Spagna (Line A)

 

DSCN5978

 

Spanish Steps ini terdiri dari 135 anak tangga yang dibangun pada tahun 1723-1725 oleh arsitek Francesco de Sanctis dan Alessandro Specchi. Gue sempet jalan-jalan di sekitar area ini juga, menyenangkaaan! Di deket sini juga banyak toko barang-barang branded kalau kalian mau belanja.

 

 

Abis puas jalan-jalan di sekitar sini, gue lanjut jalan ke Trevi Fountain. Kalo menurut internet kan dari Spanish Steps ke Trevi Fountain tuh bisa jalan kaki, jadi ya udahlah ya gue jalan sambil nanya-nanya orang. Sebagai orang yang sistem navigasinya payah dan nggak bisa baca peta, gue harus cari akal lain untuk bisa nemuin tempatnya. Pertama, tentu saja celingukan liat papan petunjuk jalan (berhubung Roma ini kota turis, jadi papan petunjuk jalannya mayan tourist friendly), kedua, gue ngikutin orang-orang yang keliatannya kayak turis jalan. Kan mereka jalannya ramean tuh, langsung deh tante pepet. 😆 DAN AKHIRNYA NEMU JUGAAA!

Pas sampe sana… wah gila sih, ni tempat mainstream abis, rameeeeeeeee BANGET. Kayaknya nggak mungkin lo bisa foto dengan latar belakang Trevi Fountain yang “bersih,” pasti kanan kirinya ada orang semua. Nah, kalau kalian sering denger di Roma banyak copet, hati-hatilah di sini (ya intinya hati-hati di mana aja, sih). Karena rame banget gue udah nyaru mana yang turis, mana yang warga lokal, mana yang mau nyopet, sama mana yang mau nolong. Karena gue keliatan banget sendirian dan sibuk moto-motoin boneka beruang gue itu, kayaknya orang di deket gue kasian, jadi dia nawarin untuk motoin gue, cuma berhubung mukanya mencurigakan, gue agak ragu-ragu (su’udzon aje nih mbaknya), tapi akhirnya gue iyain juga tawaran fotonya. Untung ternyata dibantuin beneran. Kadang serba salah juga kalau lagi jalan sendirian gini, nggak mau terlalu paranoid, tapi emang kita harus bisa jaga diri. Pas kameranya gue kasih gue udah ancang-ancang di kepala kalo sampe kamera gue dibawa lari gue harus ngapain. ANYHOO, enough ranting about keeping our stuff safe, here’s some snippets from the fountain.

DSCN6103

DSCN6097DSCN6099

*foto yang terjadi atas belas kasihan orang sekitar 😆*

DSCN6126

DSCN6092

DSCN6113

Trevi Fountain (dalam Bahasa Italia disebut Fontana di Trevi) sendiri adalah air mancur bergaya Baroque terbesar di Roma dan paling terkenal di dunia. Air mancur ini awalnya dibangun oleh arsitek Italia, Nicola Salvi, dan kemudian dirampungkan pembangunannya oleh pemahat Pietro Bracci pada tahun 1762. Kalian sering denger kan mitos kalau berhasil lempar koin ke dalam kolamnya kita bisa balik lagi ke tempat ini? Gue sih nggak percaya sama yang gitu-gituan, YANG PENTING DUIT LAU ADE AJE PASTI BISA BALIK MARI 😆 Cuma yaaa, kalau semua koin di kolam ini dikumpulin sih emang bisa banget balik. Menurut Wikipedia, setiap harinya nilai koin yang terkumpul di kolam ini bisa mencapai 3,000 Euro. Bisa banget kan ngana balik ke sini pake duit segitu banyak? 😆 Nah, katanya duit yang terkumpul setiap harinya itu dipakai untuk mensubsidi satu supermarket di Roma buat orang-orang yang membutuhkan, cuma emang suka banyak percobaan pencurian juga dari kolamnya. Oh, well…

Selain foto-foto di Trevi Fountain, gue juga nyempetin jalan-jalan ke gang-gang sekitar, seru juga ngeliatin manusia di sana sini dengan berbagai kegiatannya. Ada banyak restoran, kafe, dan toko gelato di sini, sayangnya gue nggak tau mana yang enak mana yang nggak, karena kalau lagi jalan sendirian gue nggak ambisius nyobain rekomendasi tempat makan. Gue cuma makan sekali di deket Trevi Fountain situ. Karena duit udah pas-pasan, jadi mesen pasta yang biasa-biasa aja, rasanya juga yaaa…. bias-bias kasih pun. Tapi mayan kan yang penting udah pernah makan pasta di negara asalnya *TERUS KENAPA JUGAK, TEP?!* Maaf yah, kadang-kadang saya anaknya suka dangkal 😆 Semoga pas balik lagi ke sini pas bisa hambur-hambur duit. AMIN. Yang penting jalan-jalan miskin pertama ini buat ngumpulin pengalaman aja dulu~~~

Alright guys, I’ll just stop at this point and continue to the next post. Gonna be too long if I post the three days trip here. Stay tuned!

DSCN6041

DSCN6125

19 comments

  1. Itu hostelnya lucu amat, Tep! Nanti klo gw ke Roma gw coba cek-cek hostelnya ah. Kapan lagi camping di Roma kan hahaha! Btw, I’m back writing! Mudah-mudahan sih bakalan sering nulis dan ngepost lagi, ga cuma anget-anget tai ayam doang LOL.

    • hahaha, i wish you have a better hostel later! itu asik sih cuma jauh, hahaha… yaaaaay you’re back, i’ll definitely pay a visit! semoga tahun ini kita makin rajin nulis yaaa!

  2. Ah ternyata bukan gw doang yang merasa Roma agak2 kaya Jakarta. Gw di sana juga destinasi terakhir tuh. Kita ikut food tour sih, book dari sini. Bersyukur banget jadi bisa nyobain kulinernya, karena selain hari food tour itu, kita banyakan beli frozen food *balada euro menipis* haha

  3. ka Tepp…..
    ada yg bagian bagaimana lo ngomongnya gituh .. trus brapa banyak rupiah yg lo siapin gitu ga ? gw ke skiip terlalu lama nih huhuhu…
    gw mah mau nanya lo aja , ga mau nanya mbah google lah

Leave a comment